Posted by : M yunus Rabu, 10 Februari 2016


Kenalin, gua Yunus. Mahasiswa jurusan Fisika murni di IPB (Institut Pertanian Bogor). Gua sekarang semester 8 dan dihadapkan banyak persoalan "rumit" haha...., ya setidaknya lumayan mendramatisir.

Sepanjang gua kuliah jurusan Fisika murni pada banyak yang nanya, "nanti emang kerja dimana?", "di IPB ada jurusan Fisika?", "kalo Fisika kenapa gak ngambil Fisika di UPI aja?", "Nggk takut nganggur lu entar kalo ngandelin dari lulus Fisika doank?"............... Super dahhh tu orang-orang udah kaya dukun aja pake nebak-nebak takdir orang -__- (emoticon BT).

Asli,, gua kesel banget kalo denger pertanyaan jenis, rupa, wujud, onggokan macem itu.... bodo amat dah sama yang nanya.. rasanya mau nyelupin tuh orang ke aspal panas sambil gua kecapin terus kasih bumbu masako biar brasa idup lo :v (emoticon Evil)...... Astagfirullah :( maapin ya esmosi...

Di tahun-tahun sebelumnya kalo ada yang nanya kayak gitu gua selalu bilang (walaupun gua sendiri jujur kurang yakin) kalo jurusan fisika murni itu dapat kerja dimanapun, di industri, di bidang riset, bisnis, perbangkan, pemerintahan, dan banyak lagi. Woooowww..... dan gua yakin orang yang denger itu pasti gak percaya meskipun gua tereak - tereak pake speker mesjid sekalipun. iyalahh gua sendiri aja kagak percaya (untuk saat itu vrohh.... :v)........... yahh lumayan buat nenangin hati sendiri..... walaupun gak dipungkiri saat semester demi semester bertambah gua makin gusar ...... mau jadi apa setelah gua lulus dari jurusan yang supppppppppeeeeeeerrrrrrrrr bikin rantai karbon tiap kali nilai ujian keluar.. (-C-C-C-C-C-C-C-C-C......)???????

Setelah itu gua rajin nyari cerita-cerita sukses dari orang yang dulunya punya latar belakang fisika murni.... yang kerja di prusahaan apalah, peneliti dimanalah, punya bisnis apalah, jadi mentri lah, dan lah lah lah lah yang lainya.... sejak saat itu pola pikir gua jadi laen dari biasanya... selalu saja berfikir ............ " Gua harus lulus cepet, IPK gua gede kalo bisa cumlaude, Kerja diperusahaan ternama, Minimal BUMN, Gaji Minimal 10 juta, belum termasuk tunjangan, dapet bonus 2 kali lipat total gaji satu tahun dan di bayar saat menjelang idulfitri" .............   gua gak ngerti entah dorongan apa sampe punya pandangan macem gitu.......

Jujur waktu itu di tingkat 2 gua pengen kerja sebagai Engginer Nuklir. kenapa nuklir?? karena dari namanya aja udah bombastis.... dan itu pasti menyedot perhatian,,, kenapa Engginer?? karena waktu itu gua pikir lebih keren jadi Engginer dari pada Saintis. Superrrrrr dah.....  Pea :v

Tapi vrohhhh, lu harus tau,...........

IPK Just Number,  Cumlaude Just Name, But Skill Prove Everything.....

Semenjak gua masuk semster 6 gua sadar...... buat semua ambisi, mimpi ngawang-ngawang, nganyal kaga ada duanya, dan harap-harap gak jelas...... gua harus tinggalin...... lo harus mulai realistis dan belajar dengan baik...

Gua sadar, udah melewatkan begitu banyak harta karun......
Mekanika, Fisika Matematik, Elektronika, Termodinamika, Kuantum (terimakasih om schrodinger buat persamaanya) , Listrik Magnet yang supeeeerr mengerikan (terimakasih om Maxwell buat 4 persamaannya), fisika zat padat, sensor dan transduser, fisika komputasi, ekperimen fisika, instrumentasi fisika, biofisika dannn semuanyaaa.... semua ilmu yang udah gua dapet di departemen yg selama hampir 4 tahun membawa gua ke dunia yang luar biasa..... gua dapet banyak hal selama hampir 4 tahun ini.... semua ilmu diatas yang semula gua kira "yahhh sama aja kayak di SMA".... kaga vrohh.... ini jurusan yang menurut gua (dan bodo amat sama semua orang yang kaga ngerti fisika) bisa membawa gua memahami apapun diluar sains fisika.... dengan sangat mudah,,,,,,,,  Gua gak pake tanda petik di kata mudah , karena memang semuanya akan terlihat mudah, ini berlaku buat apapun.....

mahasiswa fisika di desain untuk "Learn How To Think"

Dan satu lagi yang paling berkesannn buat gua.. terutama 1 tahun kebelakang... saat gua belajar betapa tajamnya fisika, yup.... di PRC (Physics Research Club).  Waktu yang sangat berharga... lo di beri kesempatan dan fasilitas buat belajar apapun yang lo mau.... dan di saat itulah gua, dengan matakepala gua sendiri, tanpa ngibul, tanpa pemanis... gua bilang........... " Gua bersyukur kuliah S1 jurusan Fisika".......

Gua bangga, nunjukin ke siapapun kalo gua kuliah jurusan fisika murni, di Departemen Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Institut Pertanian Bogor.

Mengerjakan proyek Embeded System, mengunakan puluhan sensor untuk banyak keperluan, Membuat Robot beroda, Robot Berkaki, Robot Lengan, memprogram Chip, Merancang Instrumen, belajar sistem kontrol, Belajar Internet Of Things,  mengembangkan Smart City, membuat rancangan Wireless Sensor Network, Membuat Buku tutorial Robotik sendiri, turun ke sekolah-sekolah untuk share tentang dunia robotika dan memprogram robot linefollower, sharing dan diskusi perkembangan sains dan teknologi di grup PRC, dan banyak hal luar bisa lainya.........

Terimakasih buat siapapun yang sudah sampai detik ini memberikan banyak inspirasi yang tak bisa diukur dengan uang.

Jangan pernah berhenti belajar, jangan pernah lelah untuk terus membuka buku dan bereksperimen.... sekarang bukan waktu yang tepat untuk menghawatirkan "berapa gaji yang saya akan terima jika saya bekerja????" ..... Kita harus mulai khawatir "berapa banyak waktu kita di sisa umur yang ada untuk dapat belajar.............??"

Mahasiswa fisika tidak lahir untuk hari ini dan memikirkan perutnya sendiri, Mahasiwa Fisika lahir untuk menciptakan masa depan bukan hanya untuk hadir di masa depan. 

tak ada satu cintapun tanpa landasan keyakinan..... cinta terhadap fisika timbul karena keyakinan yang kuat bahwa fisika selalu untuk semua.... 
Alam semesta bisa dan akan sangat mampu berdiri tegap tanpa ilmu sastra, ilmu sejarah, ilmu ekonomi, ilmu farmasi, ilmu kedokteran, ilmu keteknikan, ilmu biologi, ilmu matematika sekalipun..... tapi tak akan mampu berdiri tegap walau hanya 1 detikpun tanpa hukum fisika.

  Salam jabat erat tangan sahabat fisika.
  Bogor, 10 Februari 2016

  Muhammad Yunus
  - CEO Legendre -


#Legendre_Electronic_Instrumentation


{ 5 komentar... read them below or Comment }

- Copyright © Legendre-electronics - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -