Posted by : M yunus Kamis, 29 Januari 2015

Pemrosesan citra digital pada saat ini merupakan bidang yang sangat potensial untuk terus dikembangkan, hal ini berkaitan dengan pesatnya perkembangan teknologi informasi yang terus terjadi setiap saat. salah satu pemanfaatan pemrosesan citra digital adalah untuk pengembangan ROBOT BERBASIS VISI ( ROBOT VISION). dalam robot vision ada dua hal yang saling berkaitan satu sama lain, yaitu COMPUTER VISION dan MACHINE VISION. sebagai tahap awal kita akan pelajari dasar-dasar pengolahan citra digital menggunakan OPEN CV. OPEN CV merupakan sebuah library open source yang sangat lengkap dan dapat di integrasikan pada berbagai kompiler program. kali ini kita akan menggunakan Microsoft Visual Studio 2010 yaitu Microsoft Visual C++.NET .

terlebih dahulu download dan instal Microsoft Visual Studio 2010 ( saya menggunakan Microsoft Visual Studio 2010 ekspress).
link download http://www.visualstudio.com/downloads/download-visual-studio-vs
setelah itu instal Microsoft Visual Studio 2010 ekspress di direktori C:/ komputer anda.
sebelum menginstal perhatikan spesifikasi komputer yang akan digunkan:
    • Windows 7 32Bit/64Bit (Saya Menggunakan Windows 7 Ultimate 64Bit)
    • Processor setara atau lebih dengan Intel Pentium 3.0 Ghz
    • Ram 1Gb (Direkomendasikan 2Gb - 4Gb)
 1. Setting Visual C++.NET
saat pertamakali di buka Visual Studio 2010 ekspress masih dalam keadaan basic Setting, untuk itu ubah ke bentuk Expert Setting, pilih menu Tools > Setting > Expert Setting ( hal ini digunakan untuk mendapatkan tools lengkap openCV).


setelah itu kita akan mendapatkan toolbar seperti ini.


persiapan terakhir adalah kita mengimport Microsoft Symbol untuk Visual Studio 2010 ekspress, supaya program kita tidak error pas dicompile. Masuk ke menu Debug > Option and Settings








Note: Jika Symbols tidak bisa di Load maka kita akan melakukan download Symbol nanti saat di part 2, saat kita sudah memulai melakukan coding dengan visual c++.  
kita akan melakukan display line number, agar ngecoding jadi lebih enak. pilih menu tools > options > Text Editor > All Language > General > Check List Line Numbers
 
sekian tutorial instalasi Microsoft Visual C++.NET . Untuk posting selanjutnya akan dibahas tentang menambahkan library openCV pada Microsoft Visual C++.NET.
Sumber: http://belajar-ar.blogspot.com/2013/02/belajar-open-cv-part1-instalasi-dan.html 

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Legendre-electronics - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -